15 Jan 2012

Cara Memakai Kain Ihram

Untuk calon jamaah yang belum pernah melaksanakan ibadah haji atau umroh , mungkin berpikir keras bagaimana mengenakan ihram yang benar sehingga tidak akan memngganngu ibadah di tanah suci , hal ini sangat dimengerti karena keharusan untuk tidak mengenakan pakaian dalam . Akan sangat tidak baik bila sampai kain ihram tersebut lepas dari ikatannya. Berikut tahap - tahap yang diperlukan dalam memakai kain ihram .

Pertama , perhatikan ketebalan dan panjang dari pada kedua kain ihram . Yang dipakai dibawah adalah kain yang lebih tebal dan lebih panjang dari kain yang dipakai untuk tubuh bagian atas . Dari berbagai pengalaman jamaah , hal tersebut akan memudahkan ketika menunaikan sholat . Sebelum memakai kain ihram, diwajibkan untuk mandi besar atau junub serta diniatkan untuk berihram.

Kedua , kaki dibentangkan saat memakai ihram kaki . Jangan terlalu lebar , cukup untuk menutup aurat ketika kaki dibentangkan .Kira2 lebih lebar sedikit dari ukuran bahu kita.

Ketiga , pusar adaalh batas atas dari kaum lelaki sehingga pakailah ihram melewati pusar dan batas bawah adalah mata kaki . Idealnya ihram menutup dari pusar sampai mata kaki , kenakan sabuk untuk mengencangkan ikatan ihram .

Keempat , saat thawaf bahu sebelah kanan harus dibuka . Kain diselempangkan melalui ketiak tangan kanan dan dilampirkan dibahu kiri . Kembalikan menutup bahu kanan bila akan melaksanakan sholat .

Demikianlah cara memakai ihram , semoga bermanfaat .


Ditulis kembali dari www.kaffah4829.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar