11 Jan 2012

Tips Sholat Di Masjidil Haram

Ketika anda melaksanakan ibadah umroh atau haji , salah satu hal yang paling dinantikan adalah sholat dan beribadah di Masjidil Haram . Hal ini sangat dimaklumi karena beribadah di sana memberikan lipatan pahala yang berlebih . Namun ada yang perlu diperhatikan ketika anda sholat di Masjidil Haram , mengingat sangat banyaknya jamaah yang ingin beribadah sehinggga terdapat potensi hal yang tidak diinginkan . Untuk menghindari potensi tersebut terdapat beberapa tips yang perlu anda perhatikan ,antara lain :


  1. Di Masjidil Haram , untuk mendapatkan tempat duduk ketika akan sholat fardhu sangatlah sulit . Untuk bagian tertentu biasanya dikuasai oleh wilayah tertentu , seperti bagian bawah dimana Ka'bah langsung terlihat di tempat oleh jamaah dari Afrika . Sementara jamaah dari Asia berada di atas dan tidak terlalu ketat dalam memperebutkan ruang untuk sholat
  2. Saat thawaf , usahakan membawa tas lipat khusus untuk menyimpan sandal . Hal ini berguna bagi jamaah wanita untuk melindungi bagian dada , memakai kaos kaki bagi jamaah pria ( saat tidak mengenalan ihram ) akan meminimalisasi kaki pecah - pecah . Bagi suami istri , saat thawaf usahakan suami berada di belakang untuk melindungi dorongan dari belakang , kanan dan kiri .
  3. Jarak antara toilet dan masjid memakan waktu 15 - 30 menit , sehingga atur waktu wudlu dan buang air kecil . Hindari ke toilet saat Maghrib dan Isya karena pelataran akan penuh dengan orang sholat .
  4. Hindari berdesak - desakan di eskalator , karena tumpukan jamaah telah banyak memakan korban.
Demikian kiat - kiat sholat di MAsjidil Haram , semoga bermanfaat untuk kita semua .

Link Haji
Link Umroh

0 komentar:

Posting Komentar