18 Jan 2012

Tips Hindari Kejahatan Saat Ibadah Haji / Umroh

Ketika musim haji atau umroh dimulai , tidak terhitung berapa banyak jamaah yang akan memenuhi Masjid Nabawi , Masjidil Haram atau tempat - tempat lain yang menjadi tujuan tempat ibadah haji atau ibadah umroh dilaksanakan . Hal ini mendorong segelintir orang untuk memanfaatkan kesempatan untuk melakukan kejahatan terhadap jamaah haji dan umroh . Berikut ini beberapa tips hindari kejahatan saat ibadah haji / umroh :

1. Tidak membawa banyak uang saat beribadah di Masjid Nabawi. "Paling banyak bawa 50 riyal (Rp 125 ribu)," sarannya. Uang digembok di pemondokan saja. Bila uang hilang di pemondokan, besar kemungkinan akan diganti oleh korporasi pengurus haji Saudi.

2. Kalau membawa uang banyak untuk berbelanja, harus pergi berkelompok. "Jamaah seringkali merasa bila uang menempel di badan, akan selamat. Padahal tidak selalu demikian,"

3. Selalu membawa kartu hotel. Tulis juga kamarnya. "Banyak jamaah kesasar yang tidak tahu kamarnya, sehingga kami harus mengetuk satu per satu kamar bila mengantar ke hotel,"

4. Jangan mudah percaya pada orang yang menawarkan jasa seperti membayarkan dam, badal haji, atau mengantar ke hotel.

5. Tas bawaan jangan diselempangkan ke belakang.


Semoga tips diatas dapat memberikan rasa aman bagi jamaah haji dan umroh dalam melaksanakan ibadahnya .

0 komentar:

Posting Komentar