17 Jan 2012

Mimpi Basah Ketika Ihram

Ada hal - hal kecil yang mungkin diluar kebiasaan ketika ihram , salah satunya adalah mimpi basah . Mungkin hal ini terjadi hanya sepersekian persen dari seluruh jamaah haji atau umroh , namun apa yang kita lakukan bila terjadi terhadap diri kita ????? Mungkin kita akan sungkan untuk bertanya kepada pembimbing ttg hal ini namun bila tidak tahu akan jawabannya mungkin akan membatalkan ibadah haji atau umroh . Agar tidak bingung , mari kita simak jawaban dari Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Al-Jibrin sebagai berikut .

Bagi orang yang mimpi keluar sperma wajib mandi dan tidak sah baginya shalat dan thawaf dan juga tidak boleh membaca Al-Qur'an sebelum dia mandi. Maka hendaklah dia mandi walaupun sedang ihram, dan tidak mengapa seandainya ada beberapa rambut yang rontok ketika mandi. Sebab yang dilarang adalah menghilangkan rambut dengan sengaja, seperti dengan mecukur, memotong atau mencabut. Adapun mandi karena mimpi keluar sperma, maka wajib hukumnya dan harus membasuh kepala dan mensela-sela rambut, tapi tidak boleh berlebihan dalam menggosok kepala. Cukup baginya dengan menuangkan air ke kepala disertai menggerak-gerakkan rambut dengan tangan agar air dapat sampai ke kulit kepala. Sebab bagian bawah setiap rambut harus terkena air ketika mandi junub.

Adapun tahallul ihram, yakni melepas pakaian ihram maka bukan termasuk larangan dalam ihram, bahkan boleh melepas kain ihram ketika ada keperluan, seperti buang air besar. Juga diperbolehkan mengganti pakain ihram, baik selendang (maksudnya baju atasan ihram) maupun kain (maksudnya baju bawahan ihram) dengan pakaian ihram yang lain dan mencucinya jika kotor dan yang sepertinya, karena terdapat riwayat shahih bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam mandi ketika beliau sedang ihram, juga para sahabat. Wallahu a'lam

1 komentar:

Apa hukum.xa klo mengeluarkan
" sperma " dengan sengaja !
Dan apa yg hrus diperbuat setelah.xa ?

Posting Komentar