15 Jan 2012

Bir Ali , Salah Satu Tempat Miqot









Bir Ali adalah sebuah nama masjid yang terletak 11 kilometer atau 15 menit dari kota Madinah . Disebut dengan Bir Ali karena disekitar masjid ini terdapat sumur milik Imam ALi . Masjid ini adalah salah satu tempat miqot bagi penduduk Madinah yang akan menjalankan haji atau umroh sehingga hanya jamaah haji tanah air gelombang kedua atau jamaah umroh yang melakukan miqot disini . Miqot sendiri adalah berganti pakaian jamaah dengan ihram , berniat dan melakukan shalat sunat 2 rakaat ihram yang menandai dimulainya ibadah haji dan umroh .

Lorong-lorong di dalam masjid sendiri memiliki luas enam meter. Di galeri itu ditutup dengan kubah panjang di atas Mihrab dengan tinggi 28 meter. Masjid ini memiliki menara dengan tinggi 64 meter. Menara itulah yang tampak dari kejauhan. Lantai masjid terbuat dari marmer dan batu granit. Pintunya dari kayu dengan ruangan dilengkapi fasilitas pendingin ruangan.

Di masjid ini terdapat 512 toilet dan 566 kamar mandi. Hal itu untuk menunjang jamaah yang belum sempat mandi ihram dari pemondokan. Ada juga kamar mandi dan tempat wudhu khusus bagi perempuan, jamaah cacat fisik, dan juga orang tua. Kamar mandi itu dijaga oleh askar.
Di kamar mandi perempuan, penjaganya malah dari Indonesia yang mengenakan jubah hitam





0 komentar:

Posting Komentar