10 Jan 2012

Mencium Hajar Aswad


Salah satu hal yang ingin dilakukan jamaah haji adalah mencium Hajar Aswad , yang merupakan sebuah batu yang ditempatkan di salah satu sudut Ka'bah yaitu disebelah tenggara . Yang juga menjadi titik awal dan finish ibadah thawaf jamaah haji . Ini bukan sembarang batu , dimana diceritakan oleh Ibnu Abbas ra. bahwa Hajar Aswad diturunkan dari surga dengan berwarna lebih putih dari susus dan sekarang menjadi hitam karena dosa - dosa dari Bani Adam . Batu ini berbentuk telur yang berwarna hitam kemerah-merahan , didalamnya ada titik - titik merah campur kuning sebanyak 30 buah . Dibingkai dengan perak setebal 10cm buatan Abdullah bin Zubair , seorang sahabat Rasullah SAW


Namun perlu diingat bahwa Hajar Aswad adalah batu biasa , hanya karena Rasullullah SAW pernah menciumnya saja kita mengikuti hal tersebut . Seperti yang pernah dikatakan Umar Bin Khattab , beliau mengetahui bahwa Hajar Aswad adalah batu biasa tanpa bisa memberikan manfaat , namun hanya mengikuti Rasullullah SWA beliau mau melakukan hal tersebut .

Hal tersebut juga harus menjadi pedoman bagi kita , sehingga tidak terjerumus oleh hal - hal yang dilarang. Karena banyak orang yang berharap bahwa dengan mencium Hajar Aswad , hajatnya dapat terkabul .

Link Haji
Link Umroh



0 komentar:

Posting Komentar